PERKEMBANGAN TEKNOLOGI LAPTOP

Dahulu, Super komputer biasanya identik dengan mesin-mesin ’segede gajah’. Melalui risetnya, banyak teknologi developer kini merancang super komputer agar muat dalam mesin sebesar laptop.

Lazimnya, superkomputer terdiri dari ribuan prosesor individu yang terhubung dengan bermil-mil kabel tembaga. Riset penggunaan denyutan cahaya melalui silikon sebagai pengganti sinyal elektrik pada kabel untuk mengirimkan informasi di antara inti prosesor akan memangkas ukuran superkomputer.

Superkomputer super langsing ini diklaim hanya akan menghabiskan energi setara dengan bola lampu, lebih hemat dari mesin saat ini yang menghabiskan energi setara untuk mengaliri ratusan rumah. Proses di dalamnya memanfaatkan modulator elektro optik silikon Mach Zehnder untuk mengubah sinyal elektrik menjadi denyut cahaya.

Konferensi Forum Developer di Beijing, baru-baru ini mendapatkan hentakan berita hangat dari Intel. Tahun depan mereka akan membekali laptop-laptop terbaru dengan teknologi Quad Core. Membenamkan empat buah prosesor Core merupakan rencana Intel tahun 2008 nanti. Langkah ini ditujukan bagi para pecinta komputer mobile dan gamers mobile mania yang membutuhkan konsumsi tenaga laptop lebih lama dari biasanya.

Selain itu, keinginan para pengguna laptop (para gamer dan video editor) yang menginginkan kekuatan prosesor yang berlebih, melatarbelakangi rencana Intel ni. Oleh karena itu, intel menegaskan bahwa pada kemunculan pertamanya nanti, prosesor quadcore ini tidak akan dibenamkan pada notebook-notebook standar kalangan pebisnis. “Quad core tidak akan ditujukan bagi high end users karena mereka hanya membutuhkan core standar untuk memainkan aplikasi yang mereka miliki,” kata Mooly Eden, vice president and general manager of Intel’s mobile platform group, seperti dikutip PC World, Senin (4/6/2007).

Chip Quad core akan memberikan perbedaan yang sangat jauh dengan desktop Intel biasa karena pada server laptop akan dibenamkan dua buah prosesor dual core dalam satu paket. Dengan demikian quad core memungkinkan laptop untuk mengeksekusi kode software secara simultan, memperbaiki kerusakan laptop secara online seperti halnya keuntungan pada prosesor core multiple.
Sementara itu, notebook Intel yang berplatform Centrino seri terbaru, dengan kode Santa Rosa berhasil menjadi yang terdepan dalam pasar notebook dunia, pada Bulan Mei Kemarin. Dibandingkan Centrino, Santa Rosa menawarkan beberapa keunggulan seperti akselerasi dinamis yang menambah kecepatan prosesor notebook, selain jaminan daya tahan baterai yang disupport masing-masing core prosesor. Ketika core yang satu sudah melemah maka core lain akan mem-back up-nya.

RAM 4GB Menjadi Standar Laptop pada Tahun 2008

Beberapa perusahaan produsen laptop utama seperti Dell, Hewlett Packard (HP) dan Toshiba merencanakan untuk mengeluarkan laptop – laptop dengan memori 4GB mulai kuartal pertama 2008. Menurut para produsen DRAM, hal ini akan membawa dampak positif untuk pasar DRAM. Harga yang dipakai untuk RAM sebesar 4GB hanya mengkontribusikan kurang dari 6% dari laptop yang dijual dengan harga $1000. Hal ini jauh lebih rendah dibandingkan dari sebelumnya yang biasanya menggunakan 10% harga penjualan laptop untuk DRAM.

Dengan harga modul DRAM 2GB yang serendah ini, kebanyakan vendor tidak akan keberatan mengadopsi spesifikasi ini.

Sebuah latop 4GB akan membutuhkan 32 DRAM chip yang masing – masing berkapasitas 1Gb dibandingkan delapan chip untuk laptop 1GB. Dengan permintaan yang datang saat diluncurkannya laptop – laptop baru ini, pasar DRAM kemungkinan tidak akan melihat kelebihan suplai yang berlebihan di 2008 seperti halnya di 2007.

SAN FRANCISCO – Eksekutif dari Intel, Pat Gelsinger, memberikan berbagai berita terbaru mengenai hasil kerja Intel dan industri mengenai prosesor-prosesor perusahaan, informasi seputar teknologi dan rancangan “tick-tock” yang berkembang pesat, termasuk detail terbaru dari produk Intel 45nm (nanometer) terbaru.

Ia juga mendiskusikan mengenai perkembangan terbaru di industri dalam komputasi hemat daya, virtualisasi, dan juga inisiatif sistem arsitektur terbaru yang mencakup interkoneksi USB yang telah dikenal sebelumnya sampai produk terbaik untuk PC desktop berbasis Intel® vPro™ dalam perusahaan yang akan segera hadir di pasaran.“Perkembangan Ini mendukung Intel dalam mengantarkan dan menyediakan produk-produk yang dapat diprediksi, efisien dan efektif melalui roadmap kmputasi sebagai usaha kami untuk selalu mengacu pada Moore’s Law,” kata Patrick Gelsinger, Senior Vice Presiedent dan General Manager Intel Digital Enterprise Group, pada acara Intel Developer Forum yang diselenggarakan di San Francisco, Jumat (21/9/2007). “Sebagai tambahan bagi prosesor-prosesor kami, Intel fokus dalam memberikan efisiensi daya melalui rancangan yang lebih baik dengan menggunakan transistor High-k yang berbasis Hafnium dan juga tambahan-tambahan pada keseluruhan arsitektur bertingkat pada sistem yang meminimalisasi penggunaan daya pada komputer,” tambahnya.

Jenis Ukuran Laptop

Seiring dengan perkembangan teknologi, banyak sekali model laptop yang ada di masyarakat. Secara garis besar, model laptop dapat terbagi menjadi :

a. Ultraportables

Laptop ini menggunakan ukuran layar 12”, diukur secara menyilang. Dengan berat sekitar 1,7 kg, laptop ini sangat ringan dan mudah dibawa kemana saja. Sayangnya keyboard yang digunakan pada laptop ini bukanlah keyboard yang full-size. Laptop ini biasanya digunakan oleh kalangan pengusaha yang sering melakukan perjalanan tanpa harus menunda pekerjaannya, karena mudah dibawa ke mana saja. Laptop ini mempunyai harga yang sangat mahal karena menggunakan baterai yang tahan lama dan dilengkapi dengan CPU yang hemat energi dan grafik yang sudah terintegral.

b. Thin-and-Lights

Laptop ini mempunyai berat antara 1,8 hingga 2,8 kg dengan layar 12” – 14”. Laptop ini sangat ringan sehingga mudah dibawa kemana saja kita mau. Dengan bentuk yang tipis, laptop ini tidak memakan banyak tempat dalam membawanya. Walaupun tipis, namun kemampuan laptop ini tidak kalah dengan laptop lain yang berukuran standar.

c. Medium-size Laptop

Laptop ini biasanya mempunyai layar dengan ukuran 14” – 15,4”. Dengan berat sekitar 3 – 3,5 kg, laptop ini tidak terlalu memberatkan orang yang membawanya. Laptop ini biasanya sedikit mengorbankan tenaga komputer dengan dimensi yang kecil, Walaupun kemampuan panjang dan lebarnya terbatas oleh layar yang ada. Laptop ini memiliki baterai yang dapat beroperasi lebih lama dibandingkan dengan yang lain.

d. Desktop Replacement Computer

Ini adalah laptop dengan kemampuan penuh, layaknya komputer meja. Biasanya komputer ini digunakan di tempat yang tetap, walaupun dapat dibawa sewaktu-waktu. Hal ini mengingat berat dan ukurannya yang tidak begitu mudah dibawa ke mana saja. Selain itu, model laptop ini mempunyai kemampuan yang sama dengan komputer biasa, desktop ini menggunakan layar yang cukup lebar, sekitar 17” – 20”. Selain itu, karena kemampuannya yang begitu besar, daya tahan baterai in juga sangat terbatas. Baterainya hanya dapat bertahan selama 3 jam pemakaian.

http://gimme7green.wordpress.com/ DIPUBLIKASIKAN KEMBALI OLEH : RIFQI NURLAILLI R/XMM1/25

About pson

spirit my life is a science and teknology
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s