BLuetooth and Keyboard Inframerah

BLUETOOTH :

BLUETOOTH adalah menggunakan hubungan radio jarak dekat atau short-range radio link untuk pertukaran informasi, sehingga hubungan antar hp, mobile PC, PDA, dan lainnya dapat dilakukan tanpa gangguan kabel atau wireless.Nama Bluetooth berasal dari King Harald Bluetooth dari Denmark.

Tujuan dari peluncuran bluetooth ini diantaranya adalah untuk mengganti spesifikasi IrDA dari InfraRed pada hp dan peralatan mobile lainnya.

Bluetooth menyediakan transfer data 720 Kbps dalam range 40 feet. Bluetooth menggunakan gelombang radio yang omni direksional dan dapat menembus dinding. Ini berbeda dengan IrDa yang menggunakan teknologi pandang dan perlu satu sama lain agar bisa melakukan kontak.

Banyak perusahaan lain juga diundang untuk mendukung teknologi intinya sehingga diharapkan teknologi ini dapat dipakai dalam banyak peralatan. Radio ini akan beroperasi pada 2.45 GHz ISM {free band} (Industrial Scientific Medical), yang memungkinkan pengguna internasional dengan peralatan yang dilengkapi dengan {Bluetooth} dapat menggunakan peralatan mereka dimana saja diseluh dunia.

wireless PAN

Personal Area Network yang terhubung dengan media tanpa kabel. Teknologi yang digunakan pada wireless PAN ini adalah IrDA dan Bluetooth.

Pada komputer dan handphone juga sring memakai fungsi ini karena fungsi ini selain dapat memudahkan kita mengakses suatu data atau dokumen juga dapat mengakses suatu content dengan perantara IrDa dan Bluetooth.

Keyboard Inframerah :

Mengetik Virtual
Memanfaatkan Kemajuan Teknologi Laser

BERBAGAI perangkat digital sekarang memiliki beberapa persoalan, terutama dalam kaitan memasukkan data ke dalam perangkat itu sendiri. Apakah perangkat digital ini berupa ponsel maupun Personal Digital Assistan (PDA), isu utama yang dihadapi oleh para penggunanya adalah bagaimana memasukkan informasi secara cepat dan tepat.

Pada perangkat seperti ponsel cerdas (smartphone), misalnya, menggunakan stylus sebagai cara untuk memasukkan informasi seringkali merepotkan dan memperlambat kerja yang ingin dilakukan. Sedangkan menggunakan tombol-tombol angka pada ponsel, menjadi merepotkan dan membutuhkan waktu yang cukup lama karena setiap huruf yang dipilih mengharuskan penggunanya untuk menekan beberapa kali sesuai dengan posisi hurufnya pada tombol tersebut.

Di pasaran sekarang juga tersedi, misalnya, perangkat alat bantu seperti keyboard yang terkoneksi melalui fasilitas infra merah, tapi keandalannya sulit untuk dijadikan pegangan bagi mereka yang menggunakan berbagai gadget untuk kepentingan pekerjaan. Karena, seringkali kalu terjadi pergeseran sedikit saja, koneksi keyboard infra merah ini dengan ponsel atau PDA akan terputus.

Belum lama ini Kompas menemukan sebuah perangkat terbaru yang bisa menjadi solusi menarik untuk digunakan sebagai perantara untuk memasukkan berbagai informasi ke dalam ponsel atau PDA, apalagi informasi ini dalam jumlah besar. Perangkat yang disebut sebagai Virtual Keyboard Bluetooth ini, tersedia di pasaran dengan harga yang memadai dan menghilangkan kerepotan kita terhadap kabel atau koneksi infra merah yang rentan terhadap kondisi lingkungan.

Nama :  Angga al fandi

Kelas : x mm1,

No    : 02

No test : 10425

About pson

spirit my life is a science and teknology
This entry was posted in teknologi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s