Teknologi Digital Camera

Beberapa digital camera bisa menambahkan fitur tempat dimana lokasi atau disebut GPS unit. Alat tersebut memberikan informasi dimana lokasi gambar bahkan dapat terhubung dengan GoogleEarth. Perangkat ini mungkin belum diperlukan, tetapi teknologinya sudah ada dan tinggal digunakan.

Increased Dynamic Range akan menjadi tren baru

Ini bagian baru dari sebuah digital camera, dengan teknologi tonemapping HDR. Mudahnya, sebuah jepretan dengan 32 bit warna, lalu disesuaikan agar pas dengan 8 bit warna. Sehingga dapat sesuai dengan warna mesin cetak atau monitor. Sekarang sensor sudah memiliki kemampuan dengan 12 – 14 bit sehingga warna lebih tampil pada sebuah foto digital. Fitur Dynamic Range sudah digunakan pada camera Nikon dengan fitur D-Lighting.

Bagian gambar yang gelap bisanya tidak dapat terekam dengan baik seperti seseorang mengambil sebuah close up wajah dengan kurangnya pencahayaan. Disini fitur tersebut digunakan. Sehingga gambar lebih sempurna, dimana bagian terang tetap terlihat jelas, sementara bagian gelap akan terlihat lebih terang.

Teknologi ini sedang melangkah kedepan. Jadi dengan sebuah camera bisa saja mengunakan setting otomatis beberapa ISO dalam satu frame penuh. Salah satunya Samsung memberikan nama HDR.

Contoh terbaru dari gambar dibawah ini. Teknologi DR sudah dikembangkan ke 3 kali pengambilan gambar dalam satu jepretan. Hasilnya seluruh gambar akan tampil lebih terang, dan berkurangnya gambar hitam seperti latar belakang dengan bayang bayang hitam. Jangan kaget bila dalam beberapa bulan mendatang, terdapat sebuah digital camera yang mampu mengambil gambar dengan warna selalu lebih cerah dibandingkan digital camera buatan beberapa tahun lalu.

ANALISA: Ada perubahan trend baru didunia digital pada awal tahun ini. Sepertinya ketajaman sensor bukan sebuah hal mutlak. Pengunaan sensor besar rupanya bukan menjadi fokus sebuah produk. Produsen lebih memfokus pada fitur dari engine atau software didalam camera itu sendiri. Seperti face detection atau mudahnya pengenal wajah ketika seseorang mengambil gambar dan digital camera secara otomatis memfokus pada bidang wajah manusia.

DISAJIKAN ULANG OLEH: FERRA_XMM1/11

About pson

spirit my life is a science and teknology
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s