TEKNOLOGI AL QURAN DIGITAL

Rabu, 2008 Januari 23
Perkembangan Al-Quran Digital
Alquran lengkap 30 juz ini sangat istimewa. Ukurannya yang kecil seperti tipe RS-3000IS (170 X 68 X 16 mm) dan berat hanya 65 gram (0,65 ons) memudahkan kita untuk menyimpannya di dalam saku baju. Ukuran yang ‘supermini’ ini memudahkan kita untuk belajar, mendengar dan menyimak bacaan Alquran yang dibawakan oleh Shaikh Abdul Rahman al-Sudais dan Shaikh Saoud al-Shuraim, di mana saja dan kapan saja kita mau.Alquran Digital ini sangat cocok digunakan sebagai teman dalam perjalanan maupun untuk belajar membaca dan memahami isi kandungan Kalamullah (ayat-ayat Allah). Apalagi, Alquran Digital dilengkapi dengan terjemahan Bahasa Indonesia yang disesuaikan dengan terjemahan Departemen Agama (Depag) RI. Selain itu, juga memuat terjemahan dalam Bahasa Inggris oleh Mohsen Khan.

Ada beberapa tipe Alquran Digital. Misalnya, tipe RS 4000GS, RS 4000GH, RS 3000TS, RS 3000TH, RS 3000BS, RS 3000BH dan RS 3000IS. Selain itu ada pula tipe Al-Mukry RS 310VS, RS 310VH, dan Al-Hilal KF2. Selain bentuknya yang kecil, Alquran Digital juga mudah dioperasikan. Jika kita ingin menggunakannya pada malam hari di tempat yang gelap, kita bisa menekan tombol E/L, yaitu lampu khusus untuk membaca di malam hari. Untuk mengatur tingkat kecepatan, kita bisa menekan tombol speed, yang berguna untuk menentukan dan mengatur ritme yang sesuai dengan cepat atau lambatnya irama kita dalam membaca: cepat, normal atau lambat.

Ada lagi yang paling mudah, yaitu kita bisa mencari surah atau ayat-ayat tertentu. Kok bisa? Ya, karena alat ini dilengkapi dengan LCD Monitor yang memudahkan kita untuk mengetahui daftar surat, ayat atau terjemahan ayat-ayatnya. Alquran Digital makin praktis dipergunakan, karena dilengkapi dengan built in speaker dan earphone. Ketika kita sedang dalam perjalanan, kita bisa mendengarkan bacaan dan lantunan ayat-ayat Alquran tanpa harus mengganggu konsentrasi sopir yang sedang menemani kita. Alquran Digital boleh dibilang hemat energi, karena hanya menggunakan dua buah batu baterei kecil. Untuk menghemat baterei, kita bisa mempergunakannya dengan memakai adaptor.

Di Indonesia, Alquran Digital didistribusikan oleh Yayasan Medina yang berlokasi di Jalan Raya Bogor KM 31 Nomor 28 Cimanggis, Depok, atau telepon/fax di 021-8722831, HP 0815-961-7000/0817-4880-51

ANALISA:Komputer jinjingBelajar dan membaca Alquran, kini semakin mudah dan praktis saja. Setelah sebelumnya banyak diperkenalkan berbagai metode untuk membaca Alquran seperti Iqro, Qiro’ati, dan al-Barqy, kini ada lagi metode baru untuk belajar Alquran.

Sumber: Republika.co.id

Disajikan kembali oleh: Enggar T A X MM 1

About pson

spirit my life is a science and teknology
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s