TEKNOLOGI TERBARU

G-Speak, Teknologi Baru Saingan Mouse Komputer

Senin, 24 November 2008 – 15:40 wib

Magfirah Ahdarini Sipahutar – Okezone

http://techno.okezone.com/index.php/ReadStory/2008/11/24/55/167319/g-speak-teknologi-baru-saingan-mouse-komputer

LOS ANGELES – Bagi yang sudah menonton aksi Tom Cruise di film Minority Report atau sekuel James Bond terbaru, pasti sudah terbayang bagaimana canggihnya sang pemeran utama mengontrol sesuatu hal di atas layar proyeksi hanya dengan gestur. Kini teknologi mentereng tersebut coba diwujudkan dalam kehidupan nyata oleh para ilmuwan yang mengklaim bahwa penciptaan teknolobi sudah lebih di temukan

Adalah Oblong Industries, sebuah perusahaan yang bermarkas di Los Angeles, yang berdedikasi untuk mengembangkan G-Speak, sebuah teknologi yang kemungkinan bisa menggeser posisi mouse komputer setelah inovasi layar sentuh. Kebiasaan lama menggunakan satu tangan untuk mengontrol sebuah mouse, diganti oleh G-Speak yang dioperasikan secara interaktif dengan mengenakan sepasang sarung tangan khusus.

, John Underkoffler, seperti dilans”Sepasang tangan manusia sebenarnya merupakan alat manipulasi yang tercanggih di jagad dunia ini. Ide G-Speak ini bermula dari keengganan kami untuk menggunakan mouse dan ingin tangan ini bisa bebas bergerak untuk mendeskripsikan perintah dorong, tarik, atau ketika kami ingin memanipulasi dunia,” terang ketua tim ilmuwan dari Oblong Industries ir dari Times, Senin (24/11/2008).

Kebebasan yang berani dijanjikan ilmuwan dari G-Speak memang beralasan. Teknologi inovatif ini memungkinkan penggunanya untuk membawa tangan mereka lebih dekat dengan obyek karena kedua tangan bisa bergerak ke sana-ke sini untuk memindahkan obyek ke layar yang berbeda. Dengan cara tersebut interaksi pengguna dengan layar akan terasa lebih nyata. Hal itu bisa terealisasi berkat sebuah elemen khusus yang bisa mendeteksi gerakan pengguna secepat kecepatan cahaya. Underkoffler percaya bahwa kehebatan G-Speak mampu menggantikan posisi mouse� yang dirasa kaku dan membosankan.

“Akan banyak orang yang menyukai teknologi ini karena semua manusia tahu caranya menunjuk, tidak seperti mouse yang pada awal penggunaannya harus beradaptasi terlebih dahulu,” paparnya yakin.

Walaupun masih terhitung baru, G-Speak dikabarkan sudah dipakai di beberapa perusahaan dan universitas. Namun untuk menghilangkan kesan eksklusif dan semua pihak bisa menggunakannya dengan cara yang lebih praktis. Oblong berjanji akan terus mengembangkannya, termasuk yang baru saja mereka lakukan dengan bereksperimen menggunakan G-Speak untuk mengontrol trafik di udara ataupun dalam dunia kesehatan. Pengembangan itu juga bermaksud untuk lebih meringkas kemasan G-Speak yang kini masih memerlukan seruangan besar dengan membutuhkan banyak layar agar bisa mengontrol banyak hal sekaligus.

Oblong merencanakan dalam dua tahun ke depan G-Speak sudah berhasil diperkecil dan akan dijual ke pasaran dengan harga yang tak lebih mahal dari sebuah mouse pada umumnya, yaitu sekitar 20 hingga 40 poundsterling.

Disajikan kembali oleh Luluk Rahmawati(X MM 1)

Tak Kasat Mata, Kasat Kamera Ponsel

Jul 28

oleh yohanes, pada 9:33 pm

Sebuah teknologi dikembangkan oleh Sarah Logie and Connor Dickie dapat digunakan untuk menciptakan citra yang tidak terlihat mata, tapi kasat kamera digital. Teknologi ini dapat diterapkan untuk beraneka macam hal, misalnya mencegah pembajakan (film yang diputar di bioskop bisa diberi teks tak kasat mata, namun akan muncul jika direkam), memberi label pada lukisan (ketika lukisan difoto, akan muncul informasi tambahan), dan bahkan fashion (ketika seseorang di foto, akan tampil label atau gambar di pakaian yang dikenakan).

Seperti diketahui, kepekaan kamera digital berbeda dengan mata manusia. Kepekaan yang berbeda ini bisa dibuktikan dengan mudah: kamera digital dapat “melihat” signal infrared yang dipancarkan oleh remote control, atau piranti lainnya (misalnya PDA). Cobalah menekan sebuah tombol di remote Anda, dan jika remote tersebut masih bekerja dengan baik, Anda bisa melihat cahaya yang dipancarkan, dari kamera digital atau kamera ponsel Anda.

Disajikan kembali oleh Luluk Rahmawati

About pson

spirit my life is a science and teknology
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s