PERTELEVISIAN INDONESIA

Siapa yang tidak tahu televisi? Ya, tentu saja semua orang pasti sudah mengetahui apa itu televisi. Televisi merupakan salah satu media elektronik yang menayangkan siaran-siaran pertelevisian yang memberikan informasi dan hiburan bagi masyarakat. Dan bahkan sekarang hampir semua orang telah memilikinya. Karena dewasa ini televisi sudah dianggap olah masyarakat sebagai kebutuhan yang harus dipenuhi.

Di Indonesia stasiun televisi yang online sangatlah banyak sehingga siarannya pun sangat bervariasi. Contohnya saja seperti siaran berita, film, sinetron, gosip, rality show, dan banyak lagi yang lainya. Dengan adanya banyak siaran seperti ini maka para konsumen/penonton tidak bosan dan dapat memilih siaran yang mereka sukai.

Lalu siaran apakah yang paling banyak disukai di Indonesia? Memang siaran televisi di Indonesia sangatlah banyak dan penggemarnya pun ada sendiri-sendiri di setiap siaran televisi. Tetapi yang paling mendominasi atau sering ditonton masyarakat adalah sinetron. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan banyak stasiun televisi yang menyiarkan sinetron dibandingkan dengan berita ataupun siaran tentang pendidikan. Oleh sebab itulah sinetron lebih mendominasi pertelevisian Indonesia.

Siaran televisi seperti sinetron tersebut yang sangat banyak ditayangkan, memiliki tema terlalu jauh dari kehidupan nyata dan kurang mendidik. Sebaiknya stasiun televisi yang memiliki hak siar untuk menyiarkan sinetron tersebut, mengurangi siaran sinetron tersebut atau setidaknya ada yang dapat mengimbanginya seperti siaran pendidikan. Sehingga masyarakat tidak terlalu banyak mengkonsumsi cerita yang kurang mendidikan dan dapat menonton siaran yang memberikan informasi dan mendidik. Sebenarnya bukan hanya satsiun televisi saja yang berperan dalam hal ini, tetapi pemerintah juga. Lalu bagaimana peranan pemerintah mengenai masalah tersebut? Pemerintah dapat memberikan aturan-aturan seperti melulus sensorkan suatu tayang televisi atau membatalkannya. Di lain sisi pemerintah juga harus dapat berkerjasama dengan pihak pertelevisian untuk menetapkan aturan jam tayang bagi sinetron yang tidak seharusnya ditonton oleh anak di bawah umur.

Bisakah semua itu terujud? Hanya dengan keseriusan dan kemauan dari pihak pemerintah, pertelevisin dan masyarakat itu sendiri yang dapat menjadikan semua itu menjadi berhasil. Agar kelak pertelevisian Indonesia semakin maju dengan siaran yang berbobot dan mendidik. Bukankah hal ini yang kita inginkan?

COMEN:Televisi di jaman sekarang sangat diberkembang,dari televisi kita dapat memperoleh banyak informasi yang kita inginkan

Disajikan Ulang Oleh :Enggar T.A.

Klas/No :XMM1/10

About pson

spirit my life is a science and teknology
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s