Speaker: Stereo 2.1 dan Surround 5.1

Teknologi stereo adalah lompatan besar dari teknologi sebelumnya – disebut mono – dimana suara dibagi dan disalurkan ke dua kanal (channel) terpisah.

Lompatan teknologi berikutnya adalah surround dimana suara dibagi dan disalurkan ke lebih dari dua / banyak kanal (multi-kanal).

Sistem komputer masa kini umumnya sudah mendukung baik teknologi stereo maupun surround.

Stereo 2.1

Keberadaan teknologi surround tidak berarti kesudahan teknologi stereo.

Jika dibandingkan dengan surround teknologi stereo unggul dalam hal respons frequensi (frequency response).

Efek teknologi stereo membuat respons frequensi cenderung merata sehingga membuat suara yang dihasilkan mempunyai detail yang begitu tinggi (akurat).

Bagi penikmat musik detail suara adalah faktor utama karena dengan suara yang mendetail keindahan komposisi suara yang disajikan oleh si pembuat musik terdengar jelas.

Produk speaker untuk stereo umumnya terdiri dari sepasang speaker saja atau sepasang speaker satelit dan satu speaker woofer , sistem ini biasanya disebut Stereo 2.1.

Yang dimaksud dengan speaker satelit adalah speaker yang menghasilkan suara menengah-ke-tinggi. Sedangkan Woofer (juga sering disebut sub-woofer) adalah speaker yang menghasilkan suara rendah.

Masing-masing unit satelit dan woofer dapat terdiri dari satu, dua speaker atau lebih.

Gambar speaker 2.1 (dua satelit dan 1 woofer)
Speaker 2.1 (dua satelit, satu sub woofer)

Gambar speaker 5.1 (lima satelit dan 1 woofer)
Speaker 5.1 (lima satelit, satu subwoofer)

Surround 5.1

Keunggulan teknologi surround adalah pada penciptaan efek suara khususnya realisme (suasana seperti nyata yang dihasilkan).

Teknologi surround umumnya dipakai pada studio penayangan film (bioskop/teater) karena dapat membuat suasana seakan-akan penonton berada dalam dalam film (realisme).

Permainan/game komputer generasi kini (misalnya Far Cry, Doom 3, dll) juga mendukung teknologi surround, realisme dalam memainkan game menjadi begitu terasa dibanding dengan speaker stereo.

Respons frekuensi speaker surround umumnya dinamis sehingga dapat membuat efek suara tajam yang memberikan efek kejut pada pendengar.

Bagi penikmat musik speaker surround kurang memuaskan karena respons frekuensi yang begitu dinamis membuat suara frekuensi menengah (vokal) cenderung tenggelam.

Produk speaker surround umumnya terdiri dari lima buah satelit (sepasang depan, sepasang belakang, satu tengah-depan) dan satu buah woofer, biasanya disebut Surround 5.1.

COMEN:Teknologi stereo adalah salah satu teknologi yang sudah sangat umum terdapat pada produk-produk audio dan Sistem komputer masa kini umumnya sudah mendukung baik teknologi stereo maupun surround

Disajikan Ulang Oleh:Enggar T.A.

Klas/No :XMM1/10

About pson

spirit my life is a science and teknology
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One Response to Speaker: Stereo 2.1 dan Surround 5.1

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s