Techno

Fotografi Digital
Kamera-Digital.com (Kompas – Bhineka)

DUNIA fotografi sekarang ini benar-benar mengalami perubahan yang drastis. Masa-masa mengisi gulungan plastik yang dicampur dengan bahan-bahan kimia di belakang sebuah kamera tampaknya akan berakhir. Kebosanan menunggu film diproses di lab pun akan berakhir. Era kamera digital sekarang ini sudah menyeliputi siapa saja, dan semua orang akan mencoba pengalaman baru dan memanfaatkan kemajuan yang dicapai dalam teknologi kamera ini. Memang, di sisi lain kita masih melihat kalau kamera digital sekarang ini masih menyimpan kemiripan dengan kamera yang selama ini kita kenal. Bentuk kotak yang terbungkus plastik atau kerangka besi ringan masih tetap melekat dengan lensa yang mengatur ketajaman fokus maupun aperture dan shutter yang mengatur berapa banyak cahaya yang bisa masuk ke dalam kamera. Perbedaannya hanya tidak adanya rol film yang selama ini kita kenal.

Pengalaman menggunakan kamera digital dan konvensional memang memberikan beberapa nuansa yang sama sekali baru. Setidaknya, hasil foto-foto yang diambil bisa langsung dilihat hasilnya seketika. Hasil seketika ini memang memberikan dimensi lain, antara lain siapa saja dan di mana saja seseorang berada bisa berbagi foto hasil jepretannya dalam seketika. Hal lain yang juga dicermati adalah proses belajar fotografi pun menjadi semakin cepat dan bisa disimak oleh siapa saja yang berminat tanpa khawatir akan membuang uang karena harus membeli beberapa rol film.

Pilihan kamera digital di pasaran sekarang ini pun beragam macam. Jasa fotografi yang biasanya dilakukan oleh perantara sebuah lab foto, sekarang mulai diambil alih oleh situ-situ Web di jaringan Internet. Teknologi kamera digital yang dimulai dengan gambar-gambar beresolusi rendah, sekarang sudah jauh berkembang dibanding lima tahun lalu dan tetap mampu mempertahankan semboyan “lebih indah dari aslinya”.

Akan tetapi, di sisi lain, pun sampai pada sebuah taraf kebingungan ketika memilih kamera mana yang memberikan hasil terbaik, karena selain teknologi yang dikandung kamera digital sekarang ini semakin mendekati satu sama lain, harga yang ditawarkan pun beragam. Apalagi, berbagai aksesori kamera, seperti tambahan lensa sudut lebar maupun lensa tele, serta pilihan pencahayaan menggunakan lampu flash juga beragam.

Megapixel

Sekilas, persaingan piksel dalam kamera digital menjadi ajang persaingan yang setara seperti halnya persaingan kecepatan prosesor komputer PC yang setiap kali selalu diperbarui dalam kurun waktu tertentu menambah gigahertz yang sudah ada di pasaran. Oleh karena itu, kita jangan sampai terkecoh dengan jumlah megapiksel yang digembar-gemborkan penjual kamera digital, karena benar bahwa ada kamera yang mempunyai jumlah megapiksel yang lebih banyak tapi tidak serta-merta kamera ini menjadi yang terbaik.

Yang perlu diingat adalah semakin banyak sel-sel sensitif foto yang ditampung dalam chip CCD (Charge Coupled Device) yang mengatur sensitivitas pencahayaan, semakin banyak gangguan-gangguan elektronik yang dihasilkan. Hanya pembuat sirkit elektronik yang cerdik dan canggih yang mampu menangani persoalan ini. Dan sekarang ini memang menjadi persoalan serius, karena belum terlihat siapa penghasil chip CCD terbaik syak perusahaan seperti Canon, Nikon, Fuji, Sony, dan lainnya.ekarang ini yang menurut pengamatan memang akan didominasi oleh ban

Disajikan kembali oleh : REZA OKTRIANA D

X MM1/ no.24

iPod Nano Terbaru Resmi Masuk Indonesia

Di post Sep 25, 2008

iPod Nano generasi keempat ini merupakan iPod tertipis yang pernah diproduksi Apple. Dengan ukuran panjang dan lebar 90,7×38,7 milimeter, iPod Nano ini kembali kepada model generasi keduanya. Namun, ketebalan hanya 62 milimeter dan di bagian tengah karena kelilingnya yang berbentuk kurva elips. Beratnya hanya 36,8 gram.

Selain paling tipis, iPod Nano terbaru dilengkapi teknologi pengatur playlist yang disebut Genius. Dengan fitur Genius, pengguna dapat mengatur playlist lagu dengan jenis yang sama dalam library iPod secara otomatis dengan hanya satu klik. Sensor geraknya juga memungkinkan pengguna berpindah lagu hanya dengan mengocoknya. Tak lupa, fitur akselerometer yang membuat tamilan layar akan menyesuaikan dengan posisi layar.

Layarnya menggunakan LCD 2 inci dengan resolusi 320×240 pixel jadi tergolong lebar dengan resolusi yang lumayan untuk menonton film atau melihat foto. Media penyimpannya tersedia dalam pilihan 8 GB dan 16 GB.

Model 16GB mampu menyimpan 4.000 lagu, 14.000 foto, dan 16 jam video, dan model 8GB mampu menyimpan 2.000 lagu, 7.000 foto, dan delapan jam video. Kapasitas baterainya mampu memainkan musik selama 24 jam tanpa henti atau video selama 4 jam.

Casing-nya berbahan aluminium dengan lapisan luar glossy. iPod Nano terbaru ini hadir dalam sembilan pilihan warna ceria, merah, silver, ungu, biru, hijau, orange, kuning, pink, dan hitam. Untuk model 8 GB tersedia dengan harga Rp1.830.400 dan Rp2.472.800,- untuk model 16GB.Namun, untuk model berwarna merah hanya tersedia secara resmi di toko-toko online Apple.

Apple mengkalim iPod Nano terbarunya sebagai produk yang sangat ramah lingkungan. Antara lain, karena bebas dari bahan-bahan kimia berbahaya seperti arsen, merkuri, brom, dan PVC. (iGaul)

Disajikan kembali oleh : REZA OKTRIANA D

X MM1/ no.24


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s